Rabu, 17 Juni 2015

Pengertian Kepemimpinan dan Kekuasaan



Nama : Rury Citra Asri
Batch : 5
Mata Kuliah : Dasar Manajemen Bisnis

Pertanyaan !
Jelaskan yang dimaksud kepemimpinan dan Kekuasaan , serta jelaskan perbedaannya .!

Jawab :
Kepemimpinan adalah Kemampuan seseorang (pemimpin/leader) untuk mempengaruhi orang lain (yang dipimpin/ pengikut-pengikutnya) sehingga orang lain bertingkah laku sebagaimana yang di kehendaki oleh pemimpin tersebut.
Kekuasaan adalah kemampuan individu atau kelompok untuk mempengaruhi individu atau kelompok lain (masyarakat) agar mereka mau mengikuti keinginan dari yang memegang kuasa.
kepemimpinan dan kekuasaan memiliki perbedaan. Perbedaannya terletak pada (Robbins dan Judge, 2007):
1.      Kesesuaian Tujuan
Kekuasaan tidak membutuhkan kesesuaian tujuan, hanya ketergantungan, sedangkan kepemimpinan membutuhkan kesesuaian tujuan antara pemimpin dengan orang yang dipimpinnya.
2.      Arah Dari Pengaruh
Kepemimpinan berfokus pada pengaruh atasan/pemimpin terhadap bawahannya (downward influence), dan meminimalkan pentingnya bentuk pengaruh ke samping dan ke atas (lateral and upward influence). Sedangkan kekuasaan selain berfokus pada pengaruh terhadap bawahan, juga berfokus pada pengaruh terhadap atasan maupun kepada sesama teman yang berada pada tingkat yang sama.
3.      Cara Implementasinya
Kepemimpinan lebih menekankan pada cara atau gaya kepemimpinan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan. Sedangkan kekuasaan, lebih memfokuskan diri pada taktik-taktik untuk mendapatkan kesepakatan.
4.      Pemilik Kekuasaan
Kepemimpinan lebih merupakan kekuasaan yang dimiliki secara individual, sedangkan kekuasaan, bukan hanya dapat dimiliki oleh individu tertentu, namun juga dapat dimiliki oleh beberapa atau sekelompok orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar