Selasa, 03 Maret 2015

Perkembangan Generasi PJJ di Indonesia



Lima Generasi Perkembangan PJJ
  • The Correspondence Model
Pada generasi ini, media yang digunakan adalah media cetak. Penggunaan media ini mengedepankan fleksibilitas waktu, tempat dan kecepatan. Bahan yang diajarkan sudah sistematis, tapi tidak ada interaksi antara peserta didik dan pengajar.
  • The Multimedia Model
Pada generasi ini, media yang dimanfaatkan terdiri dari media yang dicetak, audiotape, videotape, computer based learning dan interactive video. Sebagian dari penggunaan media telah melibatkan proses interaksi antara pengajar dan siswanya, sebagian lagi belum.
  • The Telelearning Model
Pada generasi ini, penggunaan medianya lebih bervariasi lagi, diantaranya: audioteleconfrencing, videoconfrencing, audigraphic communication, broadcast TV/Radio and audioteleconfrencing. Meskipun media tersebut dapat meningkatkan interaktifitas antara pengajar dan peserta didik, tetapi penggunaan media tersebut tidak mendukung fleksibilitas waktu tempat dan kecepatan.
  • The Flexible Learning Model
Generasi ini telah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan ketiga generasi sebelumnya. Dengan menggunakan Interactive Multimedia Online, Internet based access to WWW resources dan Computer mediated communication, fleksibilitas waktu, tempat dan kecepatan bisa dicapai sekaligus interaksi pengajar dengan siswanya.
  • The Intelligent Flexible Learning Model
Penambahan media dalam generasi ini adalah penggunaan Campus portal access to institutional processes and resources. Penambahan media tersebut semakin menyempurnakan perkembangan PJJ yang mengikuti perkembangan zaman.
Menurut Saya Perkembangan Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia sudah memasuki Generasi yang bernama “The Flexible Learning Model” Karena sudah berbasis Teknologi Informatika yang perkembangannya sangat pesat dan berbasis pada Internet, semua tugas atau materi dapat dengan secara bebas di unduh di aplikasi pendukung dalam PJJ tersebut, dan untuk mengaksesnya pun kini semakin mudah, karena pemerintah sudah menyediakan Fasilitas WIFI di tempat-tempat umum, sehingga memudahkan kita sebagai pengguna wifi sekaligus mahasiswa pjj yang ingin mengerjakan tugas-tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar