Senin, 23 Maret 2015

Penyebab Hemoglobin tinggi

Penyebab Hemoglobin Tinggi Dan Gejalanya

2 Faktor Penyebab Hemoglobin Tinggi Dalam Darah Hemoglobin merupakan sel darah merah yang bertugas mendistribusikan oksigen serta menghantarkan nutrisi ke dalam tubuh dan nantinya akan disharing kembali melalui organ seperti ginjal, jantung, otak dan paru-paru.
Apakah hemoglobin rendah itu berbahaya? Seperti yang sudah diulas pada artikel sebelumnya, banyak bahaya dari hemoglobin rendah baik anak-anak, bayi dan dewasa pada umumnya. Untuk mengetahui hemoglobin rendah pada umumnya dapat dilihat dari raut wajah dan lesu.
Bagaimana dengan hemoglobin tinggi? Untuk mengetahui kadar hemoglobin tinggi maupun rendah sudah dapat diketahui dengan pemeriksaan tes darah. Ada 2 beberapa pendapat dokter konsultan yang berbeda,
yang pertama
selama penderita kadar hemoglobin tinggi tidak mengalami gejala-gejala signifikan atau gejala yang dapat membuat si penderita mengalami gangguan aktifitas, maka tidak perlu di khawatirkan.
yang kedua
kadar hemoglobin tinggi perlu dilakukan pencegahan dengan mempertahankan kadar hematokrit dengan menjalani flebotomi guna mencegah timbulnya hiperviskositas. Flebotomi adalah suatu tindakan untuk menurunkan volume darah atau bisa disebut dengan donor darah. Seseorang yang memiliki hemoglobin tinggi pada umumnya meski melakukan donor darah, tetapi darahnya tidak dapat dipakai melainkan dibuang.

Dari dua pendapat tersebut memang ada benarnya, karena menurut data WHO kadar hemoglobin seseorang memang berbeda – beda yang dipengaruhi jenis kelamin dan bangsa, meski data WHO merupakan ketetapan rata-rata kadar hemoglobin, akan tetapi beberapa orang yang tinggal di pegunungan tinggi memiliki kadar hemoglobin tinggi dan orang tersebut tetap sehat meski melampui data normal WHO. Tabel data WHO dapat dilihat disini.

Gejala Hemoglobin Tinggi

Disebut sebagai hemoglobin tinggi bila kadar melebihi 18 gram/dl hal ini biasa terjadi pada gagal jantung, diare, dehidrasi dan penduduk yang bertempat tinggal di dataran tinggi (pegunungan). Selama tes darah juga dilakukan pengukuran hematokrit guna mengetahui tingkat keketalan darah anda sebagai tingkat penyakit yang diderita.
HT Normal (Gandasoebrata,2007):
  • Pria memiliki 40-48% VOL
  • Wanita memiliki 37-43% VOL
Kasus penyebab hematokrit tinggi lebih dari 55% adalah diare, diabetes mellitus dan ambang bahaya terjadi ketika Hematokrit mencapai > 60%
Beberapa gejala hemoglobin tinggi antara lain :
  1. Sesak napas
  2. Sakit kepala
  3. Pendarahan, trombosis (pendarahan kecil bisa jadi dibagian yang tidak dapat anda duga, seperti bibir biasa pada penderita gagal ginjal yang selalu cuci darah dan darahnya tersebut tidak dapat membeku/ mengental.
  4. Perubahan warna kulit
  5. Dizzines (kepala merasa ringan, tidak stabil dan bergoyang-goyang)
  6. Telinga berdenging
  7. Tanpa gejala


2 Faktor Penyebab Hemoglobin Tinggi

1. Polisitemia
Peningkatan kadar hemoglobin (peningkatan jumlah sel darah merah) melampui 18 gr/dl, solusi yang biasa di ambil penderita harus menjalani flebotomi (phlebotomies) atau mengurangi darah.
2. Faktor Ekternal
Penyebab hemoglobin tinggi pada faktor ini memang sulit di analisa, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai keadaan yang mempengaruhinya seperti :

Cara menangani penyebab faktor ekternal adalah dilakukan perbaikan dari permasalahan yang dihadapi dan membutuhkan waktu yang sangat lama

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar